Selasa, 14 April 2009

Penemuan Perahu Kuno Di Sukoharjo

Pada hari Jumat tanggal 19 Januari 2007 teman Sdr. Paiman sedang mencari ikan di Sungai Bengawan Solo dan kakinya menyentuh benda keras, namun karena takut menyelam maka segera menghubungi Sdr. Paiman dan melakukan penyelaman. Setelah itu diketahui ternyata benda tersebut berupa perahu kayu. Untuk mengamankan perahu tersebut maka diangkat ke permukaan, mengingat ukuran yang besar dan dari kayu tebal maka untuk mempermudah pengangkatan perahu dipisahkan pada sambungannya.

Setelah itu dipindah ke rumah Sdr. Paiman dengan menggunakan Derek. Saat ini perahu tersebut sudah berada di halaman rumah Sdr. Paiman, dan beberapa kali didatangi oleh pembeli kayu yang ingin membeli kayu perahu tersebut.
Beberapa tahun yang lalu dalam waktu yang berbeda juga pernah ditemukan sebuah perahu dalam ukuran yang lebih kecil. Perahu pertama digunakan untuk masjid dan kursi di rumahnya, perahu kedua digunakan untuk membuat kusen jendela dan pintu masjid. Demikian pula perahu ketiga.

Perahu dalam keadaan sudah dipisah sesuai dengan sambungannya, perahu disambung dengan pasak kayu bulat dengan diameter 2 cm. Panjang perahu 15,60 meter, lebar 2 meter (ujung perahu belum ditemukan). Pasak dijumpai setiap 16 cm. Tebal kayu rata-rata 10-12 cm. perahu tersebut merupakan perahu kuno.

Berdasarkan sumber tertulis disebutkan bahwa Raja Surakarta dari Masa PB IX pernah mengendarai perahu di sepanjang Sungai dan didepan pesanggarahan Langenharjo dibuat pelabuhan yang digunakan para bangsawan untuk mendarat perahu.

Keterkaitan Dengan Pesanggrahan Langenharjo. Pesanggrahan Langenharjo dibangun oleh Paku Buwana IX tahun Be 1800 (1870M) dengan penanggalan kumbul kaluhuraning saliro noto, dan diperbaiki oleh Paku Buwana X. Setiap Rabu Kliwon Paku Buwana IX pergi ke Langenharjo untuk bermeditasi dengan leluhurnya. Pesanggrahan Langenharjo dikelilingi tembok, dan untuk memasuki pesanggrahan harus menyeberangi jagang (parit) dengan perahu. Pesanggrahan Langenharjo dikelilingi oleh jagang dan jagang sebelah timur adalah Bengawan Solo.Dari data tersebut untuk menuju ke Langenharjo dapat dilalui dari Sungai Bengawan Solo.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Stars Template Copyright by Wisata & Budaya Langenharjo | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Laropstars