Sabtu, 21 Agustus 2010

Bekas Keraton Mataram Daya Pikat Wisatawan

Sampai saat ini bekas Keraton Mataram dan pesanggrahan peninggalan budaya Keraton Solo di Desa Langenharjo (dikenal sebagai Pesanggrahan Langenharjo), Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo masih menjadi daya pikat wisatawan asing maupun Nusantara yang datang ke daerah ini.

"Sampai saat ini dua objek wisata itu masih menjadi daya pikat/tarik bagi wisatawan Nusantara maupun mancanegara yang berkunjung ke Sukoharjo," kata Drs Cendro Wiyono, pemerhati masalah kepariwisataan di Sukoharjo ketika dihubungi dari Semarang, Selasa.

Menurut dia, pesanggrahan Langenharjo yang terletak sekitar enam kilometer arah selatan dari Kota Solo, sementara bekas Keraton Mataram yang ada di Kartasura terletak sekitar 25 km ke arah barat laut dari Kota Sukoharjo.

Kini, bekas Keraton Mataram itu tinggal sisa-sisa dari reruntuhan bangunan keraton. "Dengan mengunjungi objek wisata ini kita akan tahu akan kejayaan Keraton Mataram," katanya.

Mengenai pesanggrahan Langenharjo, katanya, dibangun oleh Paku Buwono IX dan pernah diperbaiki pada masa Keraton Surakarta Hadiningrat dipimpin oleh Paku Buwono X. Dibagian belakang pesanggrahan ini terdapat pemandian air hangat.

"Jika wisatawan yang berkunjung ke Sukoharjo ingin melihat pembuatan musik gamelan bisa berkunjung ke Desa Wisata Wirun," katanya dan menambahkan, sementara di Desa Telukan, Kecamatan Grogol wisatawan dapat menikmati perajin wayang kulit ukir tatah sungging.

“Tapi, kalau ingin melihat objek wisata alam pegunungan dapat mengunjungi objek wisata Gunung Sepikul atau juga dikenal sebagai Batu Seribu,” katanya.

Sumber: Antara News (19 Maret 2008)

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Stars Template Copyright by Wisata & Budaya Langenharjo | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Laropstars