Rabu, 28 April 2010

Tarik Wisatawan dengan Desa Budaya

Selain bertujuan menghidupkan kembali kebudayaan daerah yang mulai tergerus zaman, Budayawan Romo Hartono juga memiliki visi menghidupkan perekonomian rakyat di kawasan bantaran Bengawan Solo di Kabupaten Sukoharjo. Melihat potensi budaya yang ada di kawasan tersebut, Romo Hartono yakin dengan pencanangan Desa Budaya ini bisa menarik minat wisatawan.
"Sebenarnya kalau ditilik, daerah bantaran seperti Langenharjo ini hingga Kali Dengkeng (Klaten- red) sana merupakan kawasan yang sangat potensial untuk pengembangan budaya. Mulai dari seni karawitan, wayang, hingga kerajinan gitar. Maka dari itu kita ingin adanya pengintegrasian wilayah-wilayah tersebut dalam suatu kawasan wisata," ujarnya kepada Joglosemar saat dijumpai di Wisma Seni Taman Budaya Jawa Tengah, Rabu (16/3).
Lebih lanjut, Romo Hartono mengatakan konsep dari Desa Budaya ini nantinya adalah dengan mengaktifkan agenda-agenda budaya di tiap desa atau dusun. Misalnya saja agenda ritual sedekah bumi atau sedekah air. "Dampaknya jika kawasan ini menjadi salah satu potensi wisata, perekonomian masyarakat juga akan ikut terangkat. Istilahnya kalau weteng wareg urip yo luwih tentrem lan damai," kata dia.
Jika tidak ada aral, rencananya pertengahan April mendatang kawasan Desa Budaya tersebut akan dikukuhkan.

Sumber : Joglosemar

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Stars Template Copyright by Wisata & Budaya Langenharjo | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Laropstars